Tuesday, June 14, 2011

10 Things I Get From College (part 1)


Gue bersyukur punya kesempatan untuk kuliah, karena ga semua orang punya kesempatan seperti yang gue punya, dan inilah salah sepuluh hal yang
gue dapatkan dari kuliah dan gue amat-amat mensyukurinya:

1. Teman-teman Jurnalistik 2008 Universitas Multimedia Nusantara yang menyenangkan dan profesional ketika mengerjakan project-project yang diberi dosen. Konflik adalah bumbu dari setiap yang kami kerjakan. Tapi itu tidak membuat kami terpecah, malah makin dekat satu sama lain apalagi di penghujung semester akhir ini ...


2. Belajar Berorganisasi.
Ada yang bilang, kalo di kampus tidak merasakan yang namanya organisasi, akan sulit untuk struggle di kehidupan bermasyarakat nanti. Dan gue berasa sih keuntungan berorganisasi, gue jadi berani menyuarakan pendapat-pendapat gue, dan yang paling penting, gue bisa menjadi representatif teman-teman pada pihak rektorat, karena gue dan teman2 KBM UMN berusaha untuk menyuarakan aspirasi teman-teman mahasiswa yang selama ini tidak didengar sama 'pihak atas' . Dan di Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilkom, gue belajar mengelola divisi jurnalistik bersama teman2 se tim yang seru-seru abis! Tentang divisi jurnal sendiri, nanti ada pointnya lagi di bawah..hohoo


3. Bertemu Keluarga Baru

Yaitu, Teater KATAK dan Paduan Suara ULTIMA SONORA!
Mereka adalah hal paling berharga yang pernah saya dapatkan semasa kuliah. Berakting dan bernyanyi adalah hal-hal yang paling saya enjoy lakukan di dunia ini.
Dan mendapatkan mereka semasa kuliah, adalah hal yang sangat indah. Karena Teater KATAK dan ULTIMA SONORA lah saya rajin ke kampus, kalau sedang penat dengan kampus, mereka adalah tempat saya 'berpulang'.

4. Jadi Mahasiswa yang beneran mahasiswa.
baca : kere.
Jadi, berhubung gue di Serpong ini ngontrak dengan temen-temen gue, jadinya ya kita bener-bener harus irit karena jauh dari orang tua. Nah, sejak gue jadi mahasiswa, gue jadi makin mengerti betapa susahnya cari uang untuk sesuap nasi. So, walau gue kere, tapi gue jadi bisa menghargai yang namanya uang. Beneran deh, saran gue buat temen-temen yang mau masuk kuliahan, harus banget coba yang namanya jadi anak kos, anak kontrakan, dan jauh dari orang tua. Ini proses pembelajaran loh, suer gue jadi bener-bener bisa manajemen keuangan, manajemen waktu dan juga prioritas karena jauh dari orangtua!


5. Bertemu dengan Orang-orang Hebat dan menjadi Mahasiswa Mereka.
Terutama Jurnalis dan Fotografer handal
dan humble : Ignatius Haryanto (mantan wartawan Tempo, dan kini sebagai direktu
r LSPP) serta Arbain Rambey (tau dong kalian fotografer gace dari Kompas ini?). Sayapun bangga pernah menj
adi mahasiswa dari Niknik M. Kuntarto, penulis novel Saatirah, serta belajar bahasa Jurnalistik dari Bapak TD. Asmadi, dan pernah belajar tentang perkembangan teknologi komunikasi dengan bapak Ninok Leksono, yang kini telah menjadi Rektor Universitas Multimedia Nusantara. Saya juga bersyukur pernah diajar oleh orang yang mengajar semua presenter Metro TV, yaitu Bapak Pius Pope. Mereka semua adalah role model saya. Karena apa? Mereka begitu hebat, begitu di atas, tapi begitu humble dan begitu merunduk. Saya ingin serendah hati mereka ketika nanti sudah jadi 'seseorang' dan bahkan dari sekarang saya belajar rendah hati dari mereka...orang-orang hebat yang sudah mempengaruhi kehidupan saya untuk menjadi jurnalis yang punya kerendahan hati...





No comments: