Monday, September 07, 2009

Creative Writing



Hey there!

Kemarin gue belajar Creative Writing sama Pak Masri Sareb Putra, beliau adalah penulis yang sudah menulis banyak sekali buku, sampe-sampe buku teks kuliahnya aja bukunya dia (ini mau praktis atau narsis sebenernya si Bapak? hehehe). Nah, kemaren itu, gue merasakan ada untungnya belajar Logika pada semester 2, karena ternyata, untuk membuat sebuah kalimat kreatif dan unik bisa dibuat dari 10 kategori Aristoteles, yaitu :
1) substansi,
2) kuantitas,
3) kualitas,
4) relasi,
5) ruang/tempat,
6) waktu,
7) posisi,
8) kebiasaan,
9) aksi, dan
10) passi.
Dulu, pas semester 2, gue ngapalin nih 10 kategori ini sampe puyeng, sampe bikin jembatan kedelai, eh keledainya. Tapi sekarang gue udah lupa, ternyata ada gunanya juga, hehhehe. Jadi contohnya gini nih,

Substansi : Wanita
Kuantitas : Satu orang
Kualitas : Cantik, pintar memasak
Relasi : Lebih kecil dari suaminya
Tempat : di kamar mandi
Waktu : kemarin
Posisi : terjongkok
Kebiasaan : Merokok
Aksi : memukul
Passi/pasif : terpukul

nah, sepuluh kata ini dapat dirangkai jadi satu kalimat yang menarik, tergantung gimana elo menuliskannnya,
jadinya gini nih,

Satu orang wanita, cantik dan pintar memasak, Ia lebih kecil dari suaminya. Kemarin, di kamar mandi, Ia terjongkok sambil merokok dan memukul dirinya, karena Ia merasa terpukul.


Nah, begitu, jadi, buat kalian-kalian yang lagi dapet atau akan dapet mata kuliah Logika, jangan mikir nih ga penting banget sih Logika, jangan ampe mikir gitu, karena ini berguna banget buat Creative Writing, dan artinya, kalo loe mau jago nulis, berarti loe juga harus tau dasarnya dulu kan, yaitu Logika. Malah, loe harus mikir gini, beruntunglah kalian yang mendapat mata kuliah Logika. Karena, loe bakal jadi seorang penulis yang jago. Hahaiii..

No comments: